Minggu, 26 Oktober 2014

Science Starts Here...



 Ternyata tidak sulit untuk mengenalkan sains pada anak-anak, karena secara naluri, anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ada satu kalimat yang saya dapat dari seorang teman yang kebetulan seorang psikolog yang mempelajari lebih dalam tentang psikologi anak. “Anak itu jauh lebih pintar dari yang kita kira, jadi kunci dari pendidikan anak adalah memberikan pengalaman yang sebanyak-banyaknya pada anak, dan itu akan tertanam sampai dia besar nanti.”
Pagi ini (17 Oktober 2014) Kate Sullivan Elementary School, Tallahassee, Florida
menyelenggarakan “Science Fair” untuk semua siswa mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai kelas 6. Bertempat di halaman dengan cuaca yang sangat bersahabat, anak-anak terlihat sangat senang dan antusias dengan berbagai demo sains sederhana yang dilaksanakan oleh beberapa lembaga yang sengaja diundang oleh pihak sekolah. Ada dari Florida State University (FSU) yang mengenalkan sistem katrol, Departemen Proteksi Lingkungan membawa sejumlah serangga dengan segala informasi keunikannya, ada juga dari perusahaan permen yang mengajari anak tentang indra perasa dengan kegiatan yang sangat sederhana, dimana anak hanya iminta untuk memencet hidungnya dan kemudian dikasi permen dan anak disuruh menebak rasa permen dengan hidung tertutup, dan masih banyak lagi.

EPER (Environment Policy and Energy Resource) Kota Tallahasse, sebagai host community kami, juga diundang ke event tersebut, dan “ilmu” yang dibawa adalah pengetahuan tentang air dan dampaknya apabila kita tidak menjaga lingkungan dan air. Kami membawa sejumlah alat peraga untuk menarik dan mempermudah penjelasanan kami. Metode yang dikembangkan adalah interaktif, dengan memberikan sejumlah pertanyaan dan anak-anak akan mencari jawaban sedendiri, dan kami mencoba untk mengarahkan dan menyampaikan “pesan akhir” dari permainan ini.

Rasanya lucu dan menyenangkan melihat tingkah polah anak-anak yang dengan aktif menjawab pertanyaan untuk menggali pengetahuan mereka dan bermain “permainan air semprot”. Walau seolah mereka tidak memperhatikan dan hanya asyik bermain, namun sungguh sangat mengejutkan ketika pada akhirnya mereka dapat menjawab pertanyaan, “lalu apa yang harus kita lakukan supaya air kita tidak terkena polusi?”


Melihat sekeliling, keadaan yang sama terlihat di meja lembaga lain yang juga dengan secara sederhana mengenalkan “misi sains”-nya pada anak-anak. Tanpa disadari, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan tentang sains dasar yang kemudian dapat dimanfaatkan kedalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang disebut sebagai literasi sains. Pengembangan literasi sejak dini pada anak-anak adalah penting kerena sains atau ilmu pengetahuan mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita, dan kita bisa mengharapkan dominasinya akan lebih besar di masa depan. Dengan demikian untuk kepentingan semua orang, ilmuwan atau tidak, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik ilmu pengetahuan dan penerapannya, untuk dapat menerapkannya seraca proposional.

Disinilah sains itu dimulai... (na’)

Tidak ada komentar:

Gantari: Pusat Unggulan Naskah Kuno di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Selayang Pandang Pusat Unggulan Naskah Kuno Gantari , yang bernaung di bawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, merupakan ini...